About Us

TENTANG APLIKASI

SENYUM (SistEm NYaman Untuk Meeting) merupakan aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan proses peminjaman ruangan secara online, baik untuk kegiatan rapat, seminar, forum diskusi, maupun berbagai kegiatan organisasi atau kedinasan lainnya. Melalui SENYUM, pengguna dapat dengan mudah melihat ketersediaan ruangan, melakukan reservasi, serta memantau status peminjaman tanpa perlu menghubungi pihak pengelola secara manual.

Pengembangan SENYUM berawal dari sebuah proyek yang diberikan oleh manajemen DPMPTSP Aceh kepada para Mahasiswa Jurusan Informatika Universitas Syiah Kuala (USK) yang melaksanakan Kuliah Praktik (KP) di lingkungan DPMPTSP Aceh selama satu bulan. Dalam pelaksanaannya, para mahasiswa mendapatkan bimbingan dan supervisi intensif dari Tim Seksi Sistem Informasi Penanaman Modal pada Bidang Pengolahan Data dan Informasi Penanaman Modal. Proses pembahasan konsep, pemetaan proses bisnis, koordinasi dengan leading sektor, hingga pengembangan sistem dilakukan dalam waktu relatif singkat, yakni sejak tanggal 15 Juli hingga 10 Agustus 2024.

Pasca penyelesaian proyek magang tersebut, aplikasi SENYUM kemudian mengalami berbagai tahap penyempurnaan yang dilakukan oleh Tim Seksi Verifikasi dan Pengolahan Data Penanaman Modal. Fokus penyempurnaan mencakup perbaikan kode pemrograman, peningkatan fitur keamanan data, penyempurnaan desain tampilan antarmuka, hingga uji coba sistem kepada para stakeholder di lingkungan DPMPTSP Aceh. Tahapan ini berlangsung selama kurang lebih dua bulan, yakni pada September hingga Oktober 2024.

Selanjutnya, aplikasi SENYUM telah melalui serangkaian pengujian kelayakan sistem untuk ditetapkan sebagai salah satu aplikasi resmi Pemerintah Aceh. Uji kelayakan tersebut dilaksanakan sejak Agustus 2025, dan pada tanggal 29 Oktober 2025, aplikasi SENYUM secara resmi memperoleh domainnya melalui tautan https://senyumdpmptsp.acehprov.go.id/

Dalam pengelolaannya, manajemen SENYUM dikoordinasikan secara langsung oleh Sub Bagian Umum sebagai leading sektor dalam pengelolaan layanan operasional di bawah kendali Sekretariat DPMPTSP Aceh. Melalui pengelolaan terstruktur ini, diharapkan aplikasi SENYUM dapat terus berkembang dan berfungsi optimal, baik dalam pembaruan informasi, penambahan data ruangan, penyediaan detail fasilitas dan kelengkapan ruangan, pemantauan status renovasi, hingga pelaporan pemanfaatan aplikasi secara berkala.

 

FITUR UTAMA

Aplikasi SENYUM memiliki 7 fitur utama yang dapat memudahkan pengelola maupun user dalam peminjaman ruangan, fitur-fitur tersebut yaitu:

  1. Pencarian Ruangan
    Pengguna dapat mencari ruangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka berdasarkan kapasitas, fasilitas, dan tanggal ketersediaan. Sistem ini menyediakan informasi lengkap tentang ruangan, termasuk lokasi dan peralatan pendukung seperti proyektor, sound system, dan lainnya.
  2. Peminjaman Ruangan Cepat
    Dengan hanya beberapa klik, pengguna dapat memesan ruangan yang tersedia. Setelah melakukan pemesanan, pengguna akan menerima konfirmasi dan detail peminjaman melalui aplikasi.
  3. Pengelolaan Jadwal
    SENYUM memungkinkan pengguna untuk melihat jadwal ruangan secara real-time, menghindari bentrokan pemesanan dan memastikan kelancaran acara.
  4. Notifikasi dan Pengingat
    Pengguna akan menerima notifikasi mengenai status pemesanan mereka baik itu yang di Approve dan Direject.
  5. Aksesibilitas dan Transparansi
    Semua pengguna, baik staf/PNS di DPMPTSP, atau organisasi, dapat mengakses SENYUM kapan saja dan dari mana saja. Sistem ini juga menyediakan riwayat peminjaman yang dapat diakses untuk memudahkan pengelolaan kegiatan.
  6. Rekapitulasi
    Pengelola SENYUM dapat lebih mudah mengetahui daftar peminjaman ruangan yang telah dilakukan, sehingga fungsi evaluasi serta upaya maintenance ruangan dapat dilakukan dengan maksimal dan terukur.
  7. Perbaikan Ruangan
    Guna meningkatkan dukungan terhadap peningkatan sarana dan prasarana pada masing-masing ruangan, SENYUM telah dibekali fitur untuk mengupdate status "Perbaikan Ruangan", sehingga ruangan yang sedang dalam tahap renovasi menjadi otomatis tidak dapat dibooking. Hal ini tentunya dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) dalam hal kejelasan status ruangan.

 

KEMANFAATAN APLIKASI SENYUM

Memanfaatkan aplikasi peminjaman ruangan secara online, pada dasarnya memberikan berbagai nilai tambah bagi para pengguna maupun pengelola, di antara berbagai keuntungan dalam penggunaan SENYUM adalah sebagai berikut:

  • Efisiensi Waktu: Proses peminjaman yang sebelumnya memakan waktu lama, kini dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah melalui platform online.
  • Kemudahan Penggunaan: Antarmuka yang sederhana dan intuitif membuat siapa pun dapat menggunakan SENYUM tanpa perlu pelatihan khusus.
  • Akurasi Data: Dengan sistem yang terintegrasi, semua data peminjaman dan jadwal ruangan selalu terupdate, mengurangi risiko bentrokan atau kesalahan pemesanan.

SENYUM dirancang untuk menghadirkan pengalaman peminjaman ruangan yang modern dan efisien, memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengelola kegiatan mereka dengan lebih baik. Mari menggunakan aplikasi ini dengan bijak, dan berikan masukan/saran guna penyempurnaan aplikasi ini di kemudian hari, dengan cara mengklik menu "kontak".

Terima kasih. (Az)